Hati-Hati Ponsel Merusak Kualitas Sperma

Hati-Hati Ponsel Merusak Kualitas Sperma
Berhati-hatilah kaum pria, apalagi yang tak bisa berlama-lama lepas dari telepon genggam miliknya. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa peralatan komunikasi yang canggih ini bisa merusak sperma. Jika Anda adalah jenis orang yang suka menyimpan "telepon seluler" (ponsel) di saku celana atau dimasukkan dalam sarung kecil dan digantung di pinggang, maka jumlah sperma Anda bisa berkurang hingga 30%.

Radiasi yang dipancarkan ponsel berpengaruh negatif terhadap produksi sperma dan kesuburan laki-laki. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh peneliti dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, Universitas Szeged, Hungaria, yang juga melaporkan hasil penelitiannya dalam konferensi The European Society of Human Reproduction and Embryology di Berlin, Jerman. Dalam penelitiannya, para peneliti tersebut menganalisa sperma dari 221 orang pria dan mengamati perilaku mereka dalam menggunakan ponsel. Para ilmuwan ini menemukan adanya korelasi positif antara penggunaan ponsel, bahkan jika di set dalam posisi standby, dengan berkurangnya kualitas dan kuantitas sperma.

Namun, masih diperlukan penelitian lanjutan untuk memastikan hasil penelitian tersebut. Salah satu keraguannya yaitu para peneliti tampaknya tidak memperhitungkan faktor-faktor lain yang juga bisa mempengaruhi hasil penelitian.

Perlu diketahui, faktor-faktor lain seperti tingkat stres, pengaruh alkohol, jenis pekerjaan, dan kebiasaan merokok para pria yang menjadi obyek penelitian tersebut mempunyai peran yang cukup besar dalam menentukan kualitas dan jumlah sperma.
 

Home                   Like Facebook Info 17 Tahun                   Follow Twitter Info 17 Tahun                   Khusus Buat Pria Dewasa                   Khusus Buat Wanita Dewasa